Jumat, 16 Oktober 2020

Tips Merawat Kesehatan Mobil supaya Tetap Prima

Pemilik kendaraan yang bijak adalah ia yang bukan hanya tahu mengendarai, melainkan juga paham soal kesehatan mobilnya. Yap, kesehatan kendaraan merupakan suatu hal yang sering luput dari perhatian pemilik mobil. Padahal, hal ini punya kaitan langsung pada usia pakai kendaraan. Begitupun dengan kendaraan second yang Anda dapatkan dengan angsuran mobil bekas 2 jutaan dari Mocil.id.

Tips Merawat Kesehatan Mobil supaya Tetap Prima

Memang, mobil-mobil bekas yang diiklankan dalam situs Mocil.id sudah melalui inspeksi dari teknisi dan memiliki garansi mesin selama 30 hari. Artinya, hanya yang terbaiklah yang bisa dipasarkan oleh Mocil.id. Namun perlu diingat bahwa mobil bekas sudah mempunyai histori dari pengguna lamanya. Maka, tak ada salahnya bagi Anda melakukan beberapa hal berikut agar kesehatan mobil tetap terjaga.

1.      Pilih bahan bakar yang paling sesuai

Setiap tipe mobil memiliki spesifikasi yang berbeda. Selain memengaruhi performa, hal ini juga bisa menjadi penentu pilihan bahan bakar yang nanti akan digunakan. Bahan bakar yang tepat akan membuat mesin menjadi lebih baik dan tidak gampang rusak. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih bahan bakar yang tepat supaya kondisi mesin tetap terjaga dengan baik. Anda bisa melihatnya pada buku manual yang diberikan oleh produsen pabrik Anda.

2.      Ganti oli mobil secara rutin

Selain memperhatikan pilihan bahan bakar, oli atau pelumas juga menjadi komponen penting yang perlu Anda perhatikan demi menjaga kesehatan kendaraan. Sebab, oli memiliki fungsi sebagai pelumas mesin, yang mana berdampak langsung pada performa keseluruhan kendaaraan. Maka, pastikan Anda mengganti oli secara teratur dengan jadwal yang tepat. Umumnya, oli mobil harus diganti di angka 5000 km hingga 7500 km pemakaian. Jangan lupa juga untuk mengganti oli di bengkel resmi.

3.      Air radiator

Radiator merupakan komponen yang akan menjaga agar suhu mesin tetap terjaga normal selama bekerja. Pastikan air radiator ini berada pada batasan antara level minimum dan maksimum. Jika sudah atau hampir di bawah level minimum, segera lakukan pengisian ulang. Hal yang tidak kalah penting, gunakan radiator coolant dibandingkan air keran biasa untuk radiator karena memiliki efek pendingin yang lebih baik.

Demikianlah ulasan tentang tips merawat kesehatan mobil agar senantiasa prima. Semoga dengan mengetahui informasi di atas, Anda bisa mulai merawat dan memperpanjang usia kendaraan Anda, ya.

Disqus Comments