Selasa, 18 Agustus 2020

Mengenal Tanda Awal Kehamilan Yang Jarang Disadari

Bagi pasangan, momen kehamilan menjadi momen yang paling ditunggu. Hanya saja, tak jarang kaum wanita tidak menyadari adanya tanda awal kehamilan di dalam tubuhnya. Para wanita biasanya mengetahui jika mereka berbadan dua saat usia kehamilan telah menginjak dua hingga tiga bulan. Padahal banyak tanda kehamilan yang dapat dijadikan acuan kaum wanita untuk mendeteksi adanya janin di dalam tubuhnya.

Debra Sullivan, seorang perawat senior mengungkapkan, gejala awal kehamilan seringkali menyerupai PMS (Premenstrual Syndrome), sehingga wajar jika seorang wanita belum menyadari kehamilannya. Selain mengenali Tanda Umum Adanya Kehamilan sebagai acuan, maka untuk mengecek ada dan tidaknya kehamilan adalah dengan mengecek menstruasinya.

Selain tidak adanya menstruasi, ada beberapa tanda kehamilan yang biasanya diabaikan, diantaranya :

Mengenal Tanda Awal Kehamilan Yang Jarang Disadari

Mudah Lelah

Walaupun kelelahan bisa saja terjadi karena banyak faktor, namun rasa lelah yang muncul bisa saja menjadi tanda adanya kehamilan. Rasa lelah muncul akibat adanya perubahan hormon. Biasanya rasa lelah ini diikuti oleh kadar gula dan tekanan darah yang lebih rendah saat hamil.

Rasa lelah memang akan muncul, namun bukan berarti ibu malas-malasan ya. Ibu harus tetap aktif bergerak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,seperti kaki bengkak, naiknya berat badan yang membuat persalinan beresiko, dan hal lainnya.

Ibu harus tetap aktif bergerak walaupun dibatasi. Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki. Berjalan saja sudah cukup untuk membuat ibu bergerak dan bayi akan menjadi anak yang aktif nantinya.

Terjadinya Perubahan Warna Di Sekitar  Areola

Tanda yang kerap kali tidak disadari saat seseorang hamil adalah terjadinya perubahan warna di sekitar areola. Areola (puting susu) menjadi lebih gelap dan menghitam. Terjadinya perubahan ini disebabkan akibat hormon kehamilan dan respon tubuh dalam rangka mempersiapkan ASI untuk bayi nantinya.

Mood Yang Berubah-Ubah (Mood Swing)

Selama kehamilan, akan terjadi perubahan hormon. Perubahan hormon inilah yang mempengaruhi psikologis ibu hamil. Tak jarang perubahan mood ini dikira sebagai PMS, sehingga  tanda awal kehamilan sulit dikenali sejak awal.

Sakit Kepala

Di awal kehamilan, banyak sekali wanita yang merasakan sakit pada kepala (pusing), namun pada umumnya sakit kepala ini dianggap sebagai sakit kepala biasa dan tanpa disadari ternyata sakit kepala ini menjadi tanda adanya kehamilan. Selama kehamilan, frekuensi sakit kepala ini bisa saja meningkat. Sebaiknya segera periksakan diri dan konsultasi ke dokter.

Bengkaknya Payudara

Jangan khawatir jika payudara terasa kencang dan bengkak. Bengkaknya payudara disertai tekstur yang lebih lunak dan sensitif merupakan hal yang wajar terjadi, karena ini adalah tanda payudara mempersiapkan diri untuk menyusui setelah proses kelahiran. Sayangnya, bengkaknya payudara kerap kali dikira sebagai tanda PMS, sehingga dibiarkan saja.

Indera Penciuman Yang lebih Sensitif

Indera penciuman yang lebih tajam dan sensitif menjadi tanda awal kehamilan yang kerap kali tak disadari. Inilah yang membuat wanita hamil cenderung tidak senang jika mencium aroma yang terlalu menyengat, bahkan mual jika menciumnya.

Mudah Merasa Lapar

Munculnya rasa lapar lebih dari biasanya patut dicurigai sebagai gejala kehamilan. Wajar memang, karena di awal kehamilan inilah wanita membutuhkan asupan nutrisi untuk pembentukan janin  walaupun sulit dikenali.

Itulah beberapa tanda awal kehamilan yang kerap kali tidak disadari. Jika memang ada yang berbeda dalam tubuh Anda, segera periksakan diri ke dokter. Jangan menunda-nunda. Jika memang hamil, maka dokter akan segera memberikan vitamin dan suplemen untuk perkembangan janin.

Disqus Comments