Selasa, 17 Desember 2019

Mainan Anak Perempuan Khusus untuk Menunjang Motorik dan Bahasa


Proses tumbuh kembang anak harus ditunjang oleh media yang dapat membantunya belajar lebih cepat, salah satunya adalah melalui permainan. Namun, tidak boleh sembarangan memberikan mainan untuk anak apalagi memperbolehkannya bermain gawai sejak dini. Banyak pilihan lebih baik untuk mainan anak perempuan yang membantu perkembangan motorik, imajinasi, kreativitas, kemampuan berbahasa, dan sebagainya.

Mainan Anak Perempuan Khusus untuk Menunjang Motorik dan Bahasa

Jenis Mainan untuk Perkembangan Motorik dan Bahasa

Ø Rumah-rumahan
Jenis mainan yang baik untuk menunjang perkembangan anak adalah rumah-rumahan. Bentuk dan modelnya pun beragam, ada yang hanya berupa rumah kecil, rumah tingkat yang besar, dan  rumah lengkap dengan playground. Rumah-rumah tersebut pun memiliki warna yang beragam dan beberapa perabotan rumah seperti kursi meja, lemari, rak, cangkir dan tempat tidur.

Saat anak bermain, Anda sekaligus dapat memperkenalkan satu per satu bagian rumah dan fungsi perabotan yang ada sehingga menambah kosakata anak. Suruh anak untuk menata perabotan tersebut sehingga kreatifitasnya berkembang. Selain itu, ajak anak untuk menceritakan kegiatan apa yang mereka lakukan di rumah tersebut sehingga melatih anak untuk lebih komunikatif.

Ø Balok susun
Permainan seperti menyusun balok sangat baik untuk menunjang perkembangan motorik halus anak. Balok susun atau susun bangun membuat anak belajar untuk menggunakan ketrampilan tangannya untuk mengambil balok, mengangkatnya agar tidak jatuh, memindahkan ke tempat sasaran, dan menyusun balok dengan pelan agar tidak jatuh. Seluruh kegiatan tersebut efektif melatih gerakan otot tangan.

Selain itu, permainan balok susun juga dapat melatih imajinasi anak. Apabila Anda mendampingi saat anak bermain, maka ajaklah anak bercerita tentang bangunan apa yang sedang disusunnya. Dengan begitu, anak akan terstimulasi untuk berimajinasi mengenai susunan balok tersebut. Sesekali bantulah anak saat kesulitan mencari kosakata tertentu sehingga menambah pengetahuan bahasa mereka.

Ø Play dough
Jenis permainan lain yang tidak kalah seru adalah play dough atau plastisin lilin. Play dough sangat bagus untuk menunjang perkembangan motorik halus anak karena anak harus melakukan gerakan seperti menggenggam, meremas, memilin, dan menekan. Seluruh kegiatan tersebut melatih otot-otot tangan anak untuk bergerak membuat sesuatu yang dia imajinasikan dalam otak.

Oleh sebab itu, bermain play dough sekaligus melatih imajinasi dan kreatifitas anak saat membentuk plastisin menjadi bentuk bulan, bola, bunga, kotak, segitiga, dan lain sebagainya. Selain itu, warna-warna play dough pun beragam sehingga anak dapat belajar mengenal dan menghafal warna. Play dough juga dapat dibuat sendiri dengan menggunakan tepung terigu atau tanah liat.

Selain ketiga jenis mainan tersebut, masih banyak mainan lain yang cocok untuk anak perempuan seperti boneka, puzzle, lempar tangkap bola, mainan karet, dan bermain peran (dokter-dokteran, guru, dan chef). Dalam memilih jenis mainan untuk anak harus memperhatikan tahapan tumbuh kembangnya sehingga manfaat dari mainan tersebut akan membantu anak belajar dalam suasana yang menyenangkan.
Disqus Comments